8 cara mengatasi Insomnia


Cara Mengatasi Insomnia
Cara Mengatasi Insomnia agar cepat Tidur - Insomnia adalah dimana kondisi seseorang mengalami kesukaran untuk memulai tidur ataupun mempertahankan tidur.Hal ini terjadi karena gangguan didalam mekanisme tidur seperti begadang,pola tidur yang tidak teratur. Kali ini penulis akan membahas beberapa cara untuk mengatasi Insomnia.

1.Hindari cahaya saat tidur
 Cahaya sangat mempengaruhi proses produksi dari hormon melatonin. Cahaya yang terang akan menghambat proses produksinya, dan tidak adanya cahaya akan mendorong proses produksinya. Pada saat akan memulai tidur hendaknya mematikan lampu ataupun menggunakan lampu tidur, hal ini dimaksudkan agar cahaya lampu berkurang

2.Atur Jadwal Tidur
 Aturlah agar jadwal pergi dan bangun tidur Anda sama di setiap harinya, termasuk juga akhir pekan. Rutinitas ini akan membuat tubuh dan otak Anda tetap pada siklus bangun dan pergi tidur yang sehat. Pada waktunya, Anda akan dapat jatuh tertidur dengan nyenyak sepanjang malam.

3. Olahraga Teratur 
Olahraga teratur telah terbukti dapat meningkatkan kualitas tidur, selama Anda melakukannya tidak terlalu dekat dengan waktu tidur. Energo yang Anda dapatkan setelah olahraga dapat membuat Anda tetap terjaga. Beri jarak antara Anda selesai berolahraga dengan waktu tidur antara 3-4 jam.

4.Hindari Suara-suara
Tetesan keran, anjing menggonggong, suara kendaraan akan menghilangkan sebagian besar waktu tidur Anda.Lawanlah suara tersebut dengan suara yang lebih teratur dan tenang, seperti suara fan, AC, atau suara menenangkan lainnya. Anda juga bisa menggunakan sumbat telinga (ear plugs) untuk mengatasinya.

5.Jangan Mengopi Berlebihan
Kopi di pagi hari bagus untuk sebagian orang. Namun saat menjelang waktu tidur, Anda perlu menghindari untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kurangi juga dalam mengonsumsi coklat, cola, teh ataupun kopi tanpa kafein sekalipun.

6.Relaksasikan Pikiran
Redakan emosi,jangan terlalu memikirkan hal-hal lain, tenangkanlah fikiran anda atau bacalah sesuatu yang ringan, mendengarkan musik, atau mandi air hangat untuk menenangkan pikiran Anda.

7.Bersihkan Tempat Tidur secara rutin
 Kasur adalah tempat ternyaman jika kita telah lelah melakukan aktivitas seharian. Hendaknya tempat tidur kita harus dibersihkan dan dirapikan secara berkala agar kita merasa nyaman saat akan memulai tidur.

8. Hindari untuk melihat kearah jam 
Bila Anda terus-terusan melirik ke arah jam saat larut malam, tidur Anda akan tersiksa. Anda akan terus menerus merasa khawatir dengan sisa waktu tidur sebelum hari sibuk Anda yang lain dimulai. Jika Anda salah satu dari orang tersebut, maka Anda harus menempatkan jam di dalam laci, bawah tempat tidur, atau putar ke arah yang bertentangan dengan jarak pandang Anda.


 

2 Responses to "8 cara mengatasi Insomnia"